Software Video : Review Software Video Editing Populer

 Berikut ini review software editing populer yang saya dalami dan ketahui menurut saya sendiri:

1. Avid xpress dv,saya sangat suka software ini, sangat bagus efek bisa dimasukin ke transisi, efek bisa bikin klip independen contohnya PIP (picture in Picture), color correctornya bagus, Cuma pengoperasiannya sangat rumit untuk pemula dengan bin, superbin, dkk yang rumit, contohnya untuk bikin transisi saja mesti pake trimer dulu, tapi kalau anda sudah terbiasa, anda akan menemukan bahwa software ini memang luar biasa contohnya untuk membuat 2 klip dalam satu layar anda cukup membuat 1video track dengan efek PIP sedangkan di software lain harus membuat 2 video track, jadi di AVID tidak harus selalu menambahkan video track seenak perut (karena perut tidak enak apalagi kalo lapar hehehe) , pada awal saya akan belajar software ini saya sempat putus asa karena software ini meminta dongle ,sehingga software ini tidak jalan, tapi temen2 di luar sana berbaik hati mencarikan saya solusinya, untuk menjalankannya makan banyak resource dan untuk template vcd (mpeg 1) tidak tersedia karena xpress dv yang saya pake template mpegnya paling kecil Cuma sampai 1,2 mbps,. kalo vcd kan 1,15, , untuk avid saya beri nilai 9

2. Adobe premiere pro, Software ini saya geluti selama 2 tahun, good software,saya suka efek2nya terutama dengan efek keyying (alpha adjust, garbage,image matte, chroma key, dll) , efek echo,magic bullet(plug in tambahan dari red giant),memiliki keyframe sehingga bisa bikin animasi,bisa add video track sebanyak mungkin, hanya saja software ini berat dan agak gagap dalam mempreview efek2nya, jadi kalo lagi ngedit tiba2 komputernya ngehang, jadi ilfil deh, kalo mau bikin vcd mesti render dulu ke avi uncompressed baru dirender lagi ke mpeg dengan software laen (kalo gak nero, canoppus, atau tmpeg) sehingga ada penurunan kualitas (karena kalau langsung pake media encodernya hasilnya kurang memuaskan), makan banyak ruang di hardisk, dan waktu. Jadi saya pikir ngapain efek bagus kalo gambarnya kurang memuaskan, dan makan bayak waktu ngeditnya.. Akhirnya saya hanya pake buat capture doang karena hasilnya capturenya memang bagus untuk adobe premiere pro saya beri nilai 8.

3. Vegas 7.0 , ini software aneh,Saya sangat suka software ini, kemampuannya hampir mirip adobe after effect, bisa langsung burning ke vcd. Hasilnya juga bersaing sama canoppus, sangat ringan, bahkan di komputer saya yang dulu speknya hanya 1,2 ghz,RAM 256 mb,vga ati radeon 9250 SE 64 mb bisa jalan dengan lancar, ukurannya kecil file setupnya hanya 144 mb, efeknya bagus2, meiliki efek2 yang tidak dimiliki oleh premiere contohnya freehand masking, hanya transisinya kurang banyak. Bila dibandingkan dengan canopus hasil vcd vegas menang di warna sedangkan canoppus menang di lembutnya gambar, dan software ini menduduki peringkat 3 software vediting terbaik di dunia (no 1 avid, no 2 mac final cut pro) (saya lupa menurut website mana), software ini juga mampu mengedit audio dengan baik, saya rasa kemampuan mengedit audionya tidak bisa dibandingkan dengan software video editing lainnya. Jika anda memiliki efek2 tambahan seperti boris fx, atau magic bulet (di avid juga ada, tinggal didownload di www.vasst.com ) yang bisa bikin warna film seperti film layar lebar (walaupun tanpa magic bulet, vegas punya kemampuan untuk membuat efek sangat mirip dengan magic bullet secara manual dengan teknik alpha channel (multiply), dan color corrector), atau bahkan ultimate S, saya rasa software ini sulit ditandingi kecuali oleh avid. Software ini memiliki kemampuan untuk melakukan teknik alpha chanel (mirip photoshop), hampir sebagian besar media (*.Psd, *.cda, *.aif, dll) bisa diimpor oleh vegas termasuk dat dan vob, padahal kalo di software laen kita mesti merename extensionnya dari dat/vob jadi mpg dulu. Dan apa yang saya pelajari selama 2 tahun di premiere pro bisa dilakukan oleh vegas, saya hanya perlu 3 bulan untuk belajar vegas,karena software ini user friendly, kalo gak salah saya pernah liat di tv (trans TV) proses dubbing film ninja boy juga memakai sony vegas(5.0) .untuk produksi dvd sony juga memiliki dvd architect yang sangaatt bagus, keluarga sony mediasoftware antara lain sony acid pro, software buat bikin lagu2 mixing contohnya lagu2 madona, dan lainya, sony movie studio, dll.untuk vegas 7.0 saya beri nilai 8,5

4. Cannopus edius pro 3.5 , lumayan, saya kurang mendalami software ini karena kurang stabil (sering nutup sendiri) , hasil render ke vcdnya sangat baik sekali,boleh dibilang untuk kelembutan gambarnya saya belum temukan yang lebih baik dari canoppus procoder express, agak rumit & berat pengoperasiannya ,saya suka software ini terutama Procodernya untuk canopus saya beri nilai 7,5.

5. Ulead media studio pro katanya sih bagus, saya udah coba 2 kali , gak seperti avid, premiere pro, dan vegas ,saya belum bisa kasih nilai nih, ada yang mau ngasih masukan.

6. cyberlink powerdirectoor 3.0, software maenan ini lumayan,kalo Cuma buat vcd plus ga diedit, kemampuannya sangat terbatas, tapi dia bisa capture mpeg 1 atau 2 buat vcd langsung tanpa harus merender,bisa capture via USB (windows xp sp2) realtime, lumayan buat software maenan kalo lagi buru2 untuk software ini saya kasih nilai 4.

7. Pinnacle studio 9.0,waduhhhhh, ini software maenan kelas teri saya yang paling berat, hasil rendernya vcdnya sih bagus, lebih baik dibanding media encoder premiere pro, Cuma beratnya ampuunnnn, sekarang sih pineacle denger2 udah dibeli sama avid, mudah2an aja jadi lebih bagus untuk software ini saya kasi nilai 4,5.

8. Ulead studio 9.0 hehehe ini maenan saya yang paling saya suka,lumayan deh, hasil renderan vcdnya di bawah pineacle tapi efeknya lebih banyak, tidak memiliki keyframe untuk software ini saya kasih nilai 5.

9. Adobe after effect 7.0, ini mah bukan buat bikin film panjang, tapi Cuma buat animasi klip2 pendek contohnya bikin iklan, video sama audio ga bisa dipreview barengan, contohnya kalo di preview yang diliat Cuma klipnya doang, suaranya sih bisu, contohnya bikin iklan. Cara pengoperasiannya sangat rumit, buat bikin transisi aja mesti pake keyframe, saingannya Cuma Avid FX yang saya udah dapetin bukunya tapi belom dapet softwarenya.beberapa format video AVI tidak bisa dibuka oleh software ini, mungkin ini salah satu kelemahannya kali ya.ini mah ga dikasih nilai soalnya bukan buat compositing tapi buat animasi.

10. macintosh final cut pro, waduh kalo yang ini sih saya sama sekali belom coba & liat, karena kayanya saya belom biasa pake komputer macintosh. Ada yang mau ngasih masukan??? :)

________________________

digital studio by deni

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar